Catatan Konfrensi di CILS-UniMelb 2009

Konfrensi CILS-UniMelb tanggal 23-25 November 2009 menjadi pengalaman konfrensi ketiga yang aku ikuti setelah AIGRP Policy Research Forum 3 Desember 2007 di Jakarta dan PhD Retreat Conference di ANU 28-29 September 2009. Paperku yang berjudul ‘Identity, Religious Piety and Political Engagement: Understanding Transnational Sufism as a New Social Movement in Indonesia’ mendapat giliran presentasi di hari kedua dengan sesi topik ‘Islamisation and Its Discontent’. Chair/moderator sesi presentasiku adalah Robert Kingham, seorang konsultan projek AusAID di Indonesia.

 

Mendapat giliran kedua dalam sesi ini, aku memulainya dengan pengantar yang kukira cukup bagus dan mampu menarik minat peserta yang terdiri dari para scholars ternama dan PhD Candidate dari seluruh universitas di Australia. Namun di penghujung presentasiku, aku menjadi kehilangan kontrol karena dari jatah 20 menit yang disediakan moderator, aku menghabiskan hampir 25 menit waktu presentasi. Ini membuat sesi diskusi yang seharusnya berlangsung 20 menit menjadi terpotong separuhnya karena pemakalah sebelum akupun juga ternyata menyelesaikan presentasi dalam waktu yang sama denganku. Molornya waktu presentasi pastilah membuat Prof. Tim Lindsey yang dikenal sangat disiplin tidak terlalu senang, tapi di akhir presentasi dia keliatannya cukup apresiatif dengan topik riset yang sedang kukerjakan, terbukti dari kesediannya untuk berdiskusi lebih lanjut.

 

Seorang kawan dan kandidat doktor dari Griffith, Emad Soliman dan Prof Clive Kessler memberikan feedback yang sangat bagus dan tajam. Sayangnya, waktu yang terbatas membuat diskusi tidak bisa berlangsung lebih lama dari yang kuinginkan. Masukan dari Robert Kingham setelah sesi berakhir juga sangat berharga tentang perlunya membatasi poin presentasi dan keahlian untuk mengontrol waktu agar tidak terlalu bertele-tele. Secara umum, konfrens di Melbourne kemarin memberikan bekal sangat berharga untuk risetku selanjutnya. Paling tidak, aku memiliki gambaran betapa beragamnya topik riset yang sedang berlangsung di berbagai universitas di Australia dan pentingnya dialog dan diskusi berkelanjutan untuk mempertajam risetku sendiri.

This entry was posted on Friday, June 8th, 2012 at 12:04 pm and is filed under Random Notes. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.